Rabu, 28 April 2010

Tahajud Cinta




Assalamu’alaikum wr wb

Tanggal 16 Oktober ’07 lagi bete, abis.. kantor-kantor yang lain masih libur, tapi kantor ku sudah masuk. Mana kerjaan belum ada.. ya sudah… aku jalan-jalan ke bawah ( just for information : kantor ku terletak di salah satu Mall ) eh ngga sengaja nemu toko buku.. wah kebetulan dah lama ga beli buku… ( mudah2an buku yang mau aku beli ada ) . Setelah nyari-nyari, alhamdulillah ketemu. Langsung deh ngacir ke kasir hehehe… trus langsung balik ke kantor , takut ada yang nyariin.. ( padahal ngga ada yang nyariin : D )

Setelah baca.. wah cerita-ceritanya menarik juga. Selain itu juga di jelaskan arti shalat tahajud. Yaitu shalat sunat yang dilakukan pada waktu malam hari setelah bangun dari tidur, sekalipun tidurnya cuma sebentar. Shalat tahajud adalah amalan yang senantiasa dijadikan amalan wirid oleh Rasulullah Saw, para sahabat, ulama dan orang saleh, disamping shalat fardu lima waktu dan shalat jum’at. Hukumnya sunat muakad ( shalat sunat yang dikuatkan ). Sebagai tambahan dalilnya ( aku ambil dari buku doa-doa shalat malam ) :





26 وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا
26 Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. ( Q.S. al Insan [76]:26 )

79 وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا
79 Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadat tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Q.S. Al- Isra[17]:79)




Dan masih banyak lagi.


Sedangkan hadits2 ttg shalat malam:
1. Rasulullah Saw:
“ Tiga hal yang membawa kebahagiaan bagi hati seorang Mukmin (1) bertemu dengan saudara seimannya; (2) berbuka puasa; dan (3) bangkit di ujung malam untuk shalat malam.

2. Rasulullah Saw:
“ Jibril terus-menerus menasihatiku tentang berjaga di malam hari hingga kupikir bahwa mereka yang saleh dari umatku tidak tidur. “

3. Rasulullah Saw:
“ Dua rakaat shalat yang didirikan di kegelapan malam lebih kusukai daripada dunia dan segala isinya.”

4. Rasulullah Saw:
“ Siapapun diberi kesempatan menegakkan shalat malam, hamba yang laki-laki maupun perempuan, dan ia bangkit dengan tulus demi Allah, berwudhu dengan selayaknya, mendirikan shalat karena Allah dengan niat yang suci, hati yang kuat, tubuh yang pasrah, dan mata yang menangis, Allah akan menempatkan di belakangnya 9 shaf malaikat. Jumlah malaikat di tiap-tiap shaf tak dapat dihitung kecuali oleh Allah. Satu sisi dari tiap shaf ada di Timur, dan sisi lain ada di Barat. Lalu, ketika menyelesaikan shalatnya, ia mendapat ganjaran senilai semua malaikat di dalam shaf.

Dan masih banyak lagi. ( baca aja yach di doa2 shalat malam, terbitan Zahra ).

Waktu perngerjaanya di bagi 3, tapi waktu yang paling utama adalah kira-kira jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh. Seperti hadist Rasulullah Saw yang artinya:
“ Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam. Lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon ( berdoa ) pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang mengharap atau memohon ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu subuh.”

Sedangkan jumlah rakaatnya paling sedikit dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Khalifah Umar ra menjelaskan keutamaan tahajud:
“ Dari Umar Ibnulkhoththob ra. Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda: ‘ Barang siapa shalat tahajud di waktu malam, dan membaguskan tata tertib shalatnya, niscaya Allah memuliakan dia dengan sembilan kemuliaan, lima macam keutamaan ketika di dunia dan empat macam keutamaan di akhirat nanti.

Adapun yang lima macam keutamaan di dunia ialah:
1. Akan di pelihara oleh Allah dirinya dari segala macam marabahaya.
2. Akan ditampakkan tanda-tanda keimanannya ( kata-katanya ) pada wajahnya.
3. Ia akan disukai di hati orang sholeh dan orang lain pada umumnya.
4. Setiap perkataanya mengandung hikmah ( arti ) dan dituruti oleh orang.
5. Dikaruniai oleh Allah paham kecerdasan dalam agama.

Dan empat macam keutamaan di akhirat ialah:
1. Dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah bercahaya.
2. Selalu dimudahkan hisabnya.
3. Berjalan ( melintas ) di atas Shirath bagaikan kilat.
4. Dan diberi buku catatan amalnya di tangan kanannya di hari kiamat.

Waah.. sapa yang ngga kepengen tuh….
Hm.. aku kasih kiat praktis memelihara pelaksanaan shalat tahajud ,sebenernya di ambil dari buku keajaiban shalat subuh, tapi bisa juga di praktekkan di sini:
1. Tidur Lebih awal
Dalam sebuah hadist shohih Bukhari, di sebutkan, bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum Isya dan mengobrol setelahnya.

2. Niat yang tulus dan tekad yang kuat ketika akan tidur.

3. Bersungguh-sungguh dalam bersuci dan membaca dzikir sebelum tidur.

4. Berdzikir kepada Allah SWT, seketika itu juga begitu terbangun dari tidur.
Mengingat, sebagian orang ketika terbangun dari tidurnya langsung merebahkan diri untuk tidur kembali. Akan lain jadinya kalau ia segera berdzikir kepada Allah ketika baru bangun, maka satu ikatan yang dipasang setan pada dirinya akan terurai.

5. Meminta Bantuan keluarga dan orang-orang sholih agar membantunya bangun dan shalat.
6. Menggunakan Alat-alat untuk membangunkan.
Contoh: weker, handphone. Pasang jarak beberapa menit waktu berbunyi antara alarm yang satu dengan yang lainya ya… agar benar2 bangun. Kalau perlu handphone taruh di bawah bantal agar fibratenya yang ngebangunin :D hehehe…

7. Tidak terlalu banyak makan sebelum tidur

8. Tidur Qoilullah di siang hari.

9. Jangan tidur sendirian

10. Menyalakan penerang dan lampu-lampu listrik

11. Tekad kuat untuk bangun.

Hm… tapi ada hadist shohih Muslim ( lagi2 diambil dari buku keajaiban shalat subuh )
“ Barang siapa yang melaksanakan shalat Isya secara berjamaah, maka ia seperti sholat malam separuh malam. Dan barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh secara berjamaah, maka ia seperti shalat malam satu malam penuh.”

Walaupun shalat tahajud banyak keutamaanya, tapi shalat Subuhnya jangan kesiangan ya…. ^___^

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr wb

























Prev: wishing
Next: Senandung Al- Fatihah

1 komentar:

ROZIE mengatakan...

dahsyatnya tahajud